www.AlvinAdam.com

Berita 24 Gorontalo

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Penukaran Dibatasi, BI Siapkan Rp 14 M Uang Baru

Posted by On Minggu, Juni 03, 2018

Penukaran Dibatasi, BI Siapkan Rp 14 M Uang Baru

GORONTALO, Hargo.co.id â€" Jelang Idul Fitri 1439 Hijriah, kebutuhan uang baru meningkat. Khususnya di Gorontalo, uang baru dengan pecahan kecil, banyak digunakan untuk menenuhi tradisi zakati. Menyikapi hal itu, Bank Indonesia (BI) perwakilan Gorontalo telah menyiapkan uang baru lebih dari Rp 14 Miliar.

Layanan penukaran uang baru sendiri akan digelar 7-8 Juni 2018 yang akan di pusatkan di halaman Rumah Dinas (Rudis) Gubernur Gorontalo. Selain itu, BI telah bekerjasama dengan 14 Bank di Gorontalo untuk membantu melayani masyarakat dalam penukaran uang.

“Jadi totalnya, kami sampaikan bahwa berdasarkan data dari tahun-tahun sebelumnya, kami menyediakan uang pecahan kecil yang lebih memadai dan lebih banyak dari periode-periode sebelumnya,” ungkap Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo, Ricky Perdana Gozali, didampingi 14 pimpinan perbankan yang ada di Gorontalo, Kamis (31/ 5).

Sebelumnya dari catatan Gorontalo Post, total penukaran uang kecil pada 2016 tercatat sebesar Rp 8 Miliar. Setahun kemudian tahun 2017, total penukaran uang baru pecahan kecil bertambah menjadi Rp 14,2 Miliar.
BI pun menetapkan plafon maksimal uang yang ditukarkan kepada masyarakat sebesar Rp 3,9 Juta dengan rincian pecahan Rp 20.000 sebanyak Rp 2 Juta, Rp 10.000 sebanyak Rp 1 Juta, Rp 5.000 sebanyak Rp 500 Ribu, dan Rp 2.000 sebanyak Rp 400 Ribu.

Namun demikian, BI akan membatasi satu kali penukaran untuk setiap orang. Hal itu akan dilakukan dengan merekam identitas setiap individu melalui KTP, SIM dan dokumen lainnya. Selain BI, ada 14 bank yang melayani penukaran uang kecil khusus kepada nasabahnya yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, Bank Sulutgo, Bank BTN, Bank Mega, Bank Mualamat, Bank Mandiri Syariah, Bank Danamon, bank Panin, Maybank, Bank Sinarmas dan Bank Nobu.

“Layanan penukaran ini gratis, tidak dipungut biaya,” tegas Ricky.

Se lain itu, BI bekerja sama dengan bank umum Gorontalo akan menyiapkan pemenuhan uang baik pecahan besar maupun pecahan kecil agar kebutuhan uang rupiah di masyarakat Gorontalo secara luas dapat terpenuhi.

“Kegiatan penukaran uang pecahan kecil dan pemenuhan kebutuhan uang perbankan menjelang Idul Fitri diharapkan dapat mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.(axl-gp/hg)

Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »