Kirim Berita Gorontalo: Klik Disini | Konfirmasi Berita Gorontalo: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menteri Pertanian Targetkan Produksi Kelapa Gorontalo ...

Posted by On Sabtu, Mei 05, 2018

Menteri Pertanian Targetkan Produksi Kelapa Gorontalo ...

Menteri Pertanian Targetkan Produksi Kelapa Gorontalo Ditingkatkan Hingga Tiga Kali Lipat

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan akan meningkatkan produksi kelapa di Gorontalo hingga tiga kali lipat.

Menteri Pertanian Targetkan Produksi Kelapa Gorontalo Ditingkatkan Hingga Tiga Kali LipatTribunnews.com/ Brian PriambudiMenteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman

Laporan Wartawan Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, GORONTALO - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan akan meningkatkan produksi kelapa di Gorontalo hingga tiga kali lipat.

Hal tersebut diungkapkannya saat Rapat Koordinasi Nasional Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa di Grand Palace Convention, Gorontalo, Jumat (4/5/2018).

Andi menyebutkan hingga saat ini Indonesia merupakan produsen kelapa nomor satu di dunia dengan total produksi 18,3 juta ton per tahunnya.

Baca: Soal Insiden Bagi Sembako di Monas, Politikus PDIP: Keluarga Korban Harus Mendapatkan Keadilan

Namun, hasil tersebut belum memuaskan bagi Menteri Pertanian.

"Kami tidak puas dengan nomor 1 itu kami inginnya 1 plus plus, artinya produktivitas kami target 1 ton lebih (per hektar), kami target lima hingga tujuh tahun kedepan Indonesia produksinya 3-4 ton per hektar," ujar Andi saat diwawancarai awak media.

Ia pun mengartikan dengan naiknya produksi perhektar hingga tiga kali lipat membuat pendapatan petani meningkat hingga 300 persen, peningkatan ini demi mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia.

Baca: Menilik Di Balik Strategi PKB Belum Tentukan Dukungan Kepada Jokowi Atau Prabowo

Menteri pertanian juga akan lakukan berbagai program demi terpenuhinya target tersebut, dengan memberikan bibit unggul beserta pupuknya dan lakukan pendampingan kepada para penghasil kelapa.

Ia juga menjelaskan agar tidak ragu terhadap pasar nantinya apabila target produksi besar itu terpenuhi, dengan mencontohkan beberapa prestasi di komoditas yang telah berhasil beberapa waktu lalu.

Baca: Jumat Keramat Bersama Saut Situmorang dan Band Marjinal di KPK

"Jangan ragu dengan pasar, pertama kita biaya lebih murah pasti bisa bersaing, jagung nyatanya bisa tembus ke 5 negara, ayam sekarang sudah tembus 4 negara hingga ke jepang, pasti pasar dunia bisa kita rebut," ujarnya.

Ia menambahkan target tersebut dapat tercapai dibutuhkan adanya sinergi antar bupati di seluruh Indonesia sehingga bisa bertukar pikiran dan pengalaman serta diskusi mengenai peningkatan produksi.

"Tugas pokok kita sekarang adalah meningkatkan produksi intensifikasi, karena luas lahannya sudah lebih dari cukup," tutupnya.

Penulis: Brian Priambudi Editor: Adi Suhendi Ikuti kami di Untung hingga Rp 100 Juta Sekali Transaksi, Robby Abbas Ungkap Harga Artis Paling Mahal yang Ia Jual Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »