www.AlvinAdam.com

Berita 24 Gorontalo

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KKP dan Garuda Indonesia Kerjasama Logistik Perikanan

Posted by On Jumat, April 06, 2018

KKP dan Garuda Indonesia Kerjasama Logistik Perikanan

  • Home
  • Berita
  • Maritim

Maritim

KKP dan Garuda Indonesia Kerja Sama Logistik Perikanan Produk kelautan dan perikanan menyumbang sebesar 13% terhadap total pendapatan dari penggunaan kargo Garuda Indonesia. KENAIKAN HARGA IKAN Penjual menunggu pembeli di Tempat Pelelangan Ikan, Kota Gorontalo, Gorontalo, Sabtu (11/3). Harga semua jenis ikan laut di Kota Gorontalo mengalami kenaikan hingga 40 persen akibat tangkapan nelayan yang berkurang karena ombak tinggi dan bulan terang. Kamis 5/4/2018, 20.54 WIB Michael Reily KKP dan DPR Berdebat atas Revisi UU Perikanan KKP Sia pkan 300 Kapal Bantuan Untuk Nelayan GMF Berencana Kembangkan Fasilitas Perawatan Pesawat di Papua

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan PT Garuda Indonesia (Persero) menandatangani perjanjian kerja sama untuk mendukung program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Garuda akan berperan dalam pembangunan sistem logistik perikanan di kawasan domestik maupun mancanegara dengan memanfaatkan Bandara Ngurah Rai sebagai penghubung.

Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendy Hardijanto menyatakan sektor perikanan dan kelautan membutuhkan jasa logistik yang efisien supaya produknya berdaya saing. “Salah satu solusinya adalah pengembangan Bandara Ngurah Rai,” kata Rifky di Gedung Mina Bahari I, Jakarta, Kamis (5/4).

Daftar newsletter Katadata sekarang! Dapatkan berita terbaru pilihan kami melalui email Anda setiap hari (Senin - Jumat). Saya setuju untuk menerima promosi dari produk & layanan Katadata. Kode Keamanan Baru Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya. Alamat email Anda telah terdaftar Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi Silahkan mengisi alamat email Silahkan mengisi alamat email dengan benar Masukkan kode pengaman dengan benar Silahkan mengisi captcha

Kerja sama KKP dan Garuda dilakukan terkait pengembangan pusat pergudangan dan pusat penyimpanan pendingin. Pasalnya, Bali merupakan salah satu penghubung produk perikanan dan kelautan dari Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu di kawasan Indonesia bagian timur.

(Baca : Dorong Transaksi Perikanan, Menteri Susi Pantau Pembangunan SKPT Papua)

Rifky mengatakan, efisiensi logistik mampu menekan ongkos distribusi yang mahal dan meningkatkan daya saing. Sehingga dengan daya saing yang tinggi, peluang ekspor produk perikanan dan kelautan Indonesia semakin terbuka hingga bisa memberikan devisa bagi negara. “Kami mendorong untuk membuat kesepakatan menjadi pilot project,” ujar Rifky.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Pahala N. Mansury menyatakan produk kelautan dan perikanan menyumbang sebesar 13% terhadap total pendapatan dari penggunaan kargo perseroan. Pada tahun lalu misalnya, kargo Garuda mengangkut sebanyak 38,3 ribu ton produk kelautan dan perikanan, domestik atau internasional.

(Baca juga : Dengan Efisiensi, Garuda Mulai Bidik Laba Rp 116 Miliar Tahun Ini)

Oleh karena itu, dia menjelaskan bahwa sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi prospek bisnis yang cerah. “Kami memastikan produk kelautan dan perikanan bisa dimonetisasi dan menghasilkan devisa,” kata Pahala.

Dia mengungkapkan, Garuda memiliki jasa pengangkutan domestik sebanyak 120 rute dan rute internasional mencapai 38 rute. Pengembangan bandara di D enpasar pun bakal dilakukan untuk mendorong potensi kargo yang lebih besar.

KKP mencatat, produksi perikanan dan kelautan pada 2017 sebanyak 23,26 juta ton. Kerja sama penggunaan kargo Garuda juga telah dilakukan sejak 1999.

Michael Reily Artikel Terkait KKP dan DPR Berdebat atas Revisi UU Perikanan Dalam revisi peraturan tersebut, KKP ingin penangkapan ikan tertutup untuk pihak asing, kapal buatan asing, dan tenaga kerja asing. KKP Siapkan 300 Kapal Bantuan Untuk Nelayan Pada 2018, KKP melakukan pengadaan sebanyak 508 unit kapal, sedikit lebih rendah dibandingkan 2017 yang mencapai 782 unit kapal. GMF Berencana Kembangkan Fasilitas Perawatan Pesawat di Papua "Tapi (nilai) investasi belum bisa saya bicarakan karena masih pembicaraan awal," kata Iwan

Berita Terpopuler

Nasional Tebar Ketakutan, Prabowo Dinilai Ikuti Strategi Trump saat Pilpres AS Strategi Trump dianggap dipakai Prabowo karena terbukti berhasil memenangkan Pilpres AS. Energi Inpex Umumkan Dua Perusahaan Pemenang Lelang Desain Awal Blok Masela Pemenang lelang tersebut adalah PT KBR Indonesia dan konsorsium PT Technip Engineering Indonesia dan ... Nasional Jalan Terjal Gatot Nurmantyo Maju Pilpres 2019 Gatot dianggap belum cukup populer di masyarakat dengan elektabilitas masih di bawah 5%. Nasional Mantan Dirut Pertamina Karen Agustiawan Jadi Tersangka Korupsi Pengambilan keputusan investasi dengan dugaan kerugian negara Rp 568 miliar, tanpa didasari adanya k ... Makro Indonesia dalam Bayang-bayang Perang Dagang Amerika-Tiongkok Sejumlah komoditas berpotensi membanjiri Indonesia. Bank sentral meyakinkan bahwa perang dagang di p ... Bisnis Holding Retail Lippo Group Merugi Rp 1,24 Triliun Manajemen MPPA mengatakan telah mengambil beberapa langkah strategis, di antaranya menerapkan strate ... Energi Dua Mitra Baru Pertamina di Blok Sanga-Sanga PT Karunia Utama Perdana memiliki hak kelola sebesar 13,72% dan OPICOIL Houston Inc sebesar 8,78%. K ... Nasional Puisi Tuai Kontroversi, Sukmawati Didesak Berikan Klarifikasi Guruh Soekarnoputra mengatakan, puisi yang dibuat Sukmawati sama sekali tidak terkait dengan pandang ... Digital TCash, Anak Telkomsel yang Siap Lepas dari Induknya TCash berencana menjadi platform pembayaran terbuka seperti Alipay.

Opini

Fahmy Radhi Fahmy Radhi

Waspadai Potensi Tiga Penyimpangan Pembelian Saham Freeport

Theodore Permadi Rachmat TP Rahmat

Sektor Usaha Andalan Saat Ini Pertanian, Pariwisata, Kesehatan

Franky Oesman Widjaja Franky O Widjaja

Kunci Ketahanan Pangan adalah Produktivitas

Paulus Sutisna Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna

Bila Ingin Bertahan, Harus Bekerja Sama dengan Fintech

Yustinus Prastowo Yustinus Prastowo

Sudah Mati pun Dipajaki?

Baca juga Facebook Digital Kominfo dan Polisi Analisis Potensi Pidana Kebocoran Dat a Facebook Kebakaran Teluk Balikpapan Energi Kementerian ESDM Ungkap Dugaan Penyebab Putusnya Pipa Pertamina Katadata Petrokimia Industri Industri Hulu Petrokimia Belum Siap Terapkan Industri 4.0 Pertamina Keuangan Targetkan Pertumbuhan 15%, Asuransi Tugu Garap Bisnis Baru Infomark Kinerja Antam 2017 (2) Infomark Kinerja Antam 2017 Melesat Membangun Indonesia Sentris Infomark Membangun Indonesia Sentris Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru Infomark Proyek Prioritas Nasional: Jambaran Tiung Biru PROPER: Pertamina Berkomitmen Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Infomark Komitmen Pertamina Terhadap Keberlanjutan Lingkungan Hidup Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »