www.AlvinAdam.com

Berita 24 Gorontalo

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Gorontalo siapkan 17 event menarik untuk turis

Posted by On Sabtu, April 28, 2018

Gorontalo siapkan 17 event menarik untuk turis

Pesona Danau Limboto, Gorontalo.
Pesona Danau Limboto, Gorontalo. | Arghamariska /Shutterstock

Gorontalo merupakan provinsi yang tergolong baru di Indonesia. Resmi berpisah dengan provinsi Sulawesi Utara pada 22 Desember 2000, Gorontalo merupakan provinsi dalam urutan ke 32.

Gorontalo, meski baru delapan tahun menjadi provinsi, tetapi sudah dikenal oleh para pelancong lokal dan mancanegara.

Hal ini disebabkan karena kota yang mendapat julukan Kota Serambi Madinah ini memiliki objek wisata yang beragam, mulai dari wisata religi hingga wisata alam yang menakjubkan.

Lalu, untuk semakin menarik kunjungan turis lokal dan mancanegara, Pemerintah Provinsi Goron talo sudah menyiapkan ragam event menarik hingga akhir tahun 2018.

Dinukil Okezone.com, Rabu (25/4), Gorontalo telah meluncurkan Calendar of Event (CoE) 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta. Lebih kurang ada 17 acara unggulan yang sudah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan para wisatawan.

Menteri Pariwisata (Menpar,) Arief Yahya, mengatakan Provinsi Gorontalo memiliki potensi yang besar untuk menarik turis datang.

Portofolio bisnis pariwisata Gorontalo bertumpu pada budaya sebesar 60 persen, alam 35 persen dan buatan manusia lima persen.

Tahun ini, pemerintahan setempat lebih memberikan porsi pada festival budaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah Festival Budaya Karnaval Karawo.

Festival ini sudah berhasil menarik perhatian dunia fashion internasional di ajang bergengsi New York Fashion Week (NYFW) 2017 di New York, Amerika Serikat, dan akan kembali digelar pada tahun ini.

Hal senada juga diungkap oleh Gubernur Provinsi Gorontalo H. Rusli Habibie bahwa penyelenggaraan 17 event unggulan Gorontalo pada tahun ini dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Selain itu, ini juga sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan seni budaya serta mensejahterakan masyarakat melalui kegiatan pariwisata

Sejumlah rangkaian event yang akan berlangsung nanti, dua di antaranya sudah masuk dalam masuk dalam 100 Calender of Event Wonderful Indonesia, yaitu, Karnaval Karawo dan Festival Pesona Danau Limboto.

Selain menikmati ragam acara yang sudah diagendakan pemerintah setempat, turis juga bisa mengunjungi objek wisata lainnya yang menakjubkan di Gorontalo.

Pegunungan, perbukitan, dan garis pantai merupakan ciri utama Gorontalo yang menjadikan pulau ini sempurna untuk wisata bahari, salah satunya adalah Pulo Cinta yang sering dijuluki Maldives van Gorontalo.

Pulo Cinta yang eksotis ini adalah tempat favorit pasangan untuk bulan madu. Lokasinya yang berada di Teluk Tomini yang tenang membuat pulau ini ramai dikunjungi turis asal luar negeri dan lokal.

Pulau yang terletak di Teluk Tomini ini terdiri atas 15 penginapan yang dirancang dengan indah dan menyerupai bentuk tanda hati jika dilihat dari atas. Hal ini juga yang menjadi daya tarik para wisatawan datang ke Gorontalo.

Sejumlah pantai menawan terhampar di kota ini, seperti Taman Laut Olele, Pulau Saronde, Pantai Botutonuo, Pentadio Resort, Pantai Minanga, Pantai Monano, Taman Nasional Hutan Nantu, Pantai Bolihutuo, Desa Wisata Torosiaje, Air Terjun Lombongo, Benteng Otanaha, dan Danau Limboto.

Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk datang berlibur ke kota tertua di Sulawesi Utara ini, bisa menikmati tempat wisata sekaligus menyaksikan event menarik.

Berikut ini daftar event Gorontalo yang bisa masuk dalam agenda kunjungan pelancong, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

1. Festival Pesona Bahari Pohon Cinta akan berlangsung p ada 2 - 6 Mei 2018 di Pantai Pohon Cinta.

2. Festival Kirab Nusantara pada 5 Mei 2018.

3. Festival Bedug Takbiran, berlangsung pada 7 Juni 2018.

4. Festival Tumbilothe diadakan pada 10 Juni 2018.

5. Gebyar Ketupat, 23 Juni 2018.

6. Lomba Karapan Sapi, Kuda Gerobak dan Pacuan Kuda di Lapangan Golf Yosonegoro, 23 Juni 2018.

7. Festival Pesona Otanaha berlangsung di Lapangan Taruna Remaja dan Benteng Otanaha, 4-7 Juli 2018.

8. Festival Jaton, digelar pada 4 Juli 2018.

9. Pinogu Adventure berlangsung mulai 12 - 15 Juli 2018 di Hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

10. Festival Pesona Pulau Saronde, 15 - 17 Juli 2018.

11. Festival Pesona Danau Limboto, Pentadio Resort tepian Danau Limboto pada 21 - 23 September 2018.

12. Gorontalo Karawo Run di Lapangan Taruna, 23 September 2018.

13. Karnaval Karawo, 6 Oktober 2018.

14. Bone Bolango Explore, 13 Oktober 2018.

15. Festival Pesona Boalemo di Pantai Bol ihutuo, 25 - 28 Oktober 2018.

16. Pemilihan Nou dan Uti Tingkat Provinsi Gorontalo, 14 - 16 November 2018.

17. Festival Boliyohuto di Pendopo Sidodadi dan Pendopo Bandung Rejo, 31 Desember 2018.

Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »