www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tercatat Lebih dari 100 Ekor, Populasi Burung Air di Danau Limboto ...

Posted by On Senin, Januari 08, 2018

Tercatat Lebih dari 100 Ekor, Populasi Burung Air di Danau Limboto ...

Tercatat Lebih dari 100 Ekor, Populasi Burung Air di Danau Limboto Meningkat

Pengamat burung di Gorontalo mencatat adanya peningkatan jenis dan populasi burung air di Danau Limboto dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tercatat Lebih dari 100 Ekor, Populasi Burung Air di Danau Limboto MeningkatKOMPAS.COM/ROSYID AZHARSejumlah burung air mencari makan di pinggiran Danau Limboto. Kegiatan Asian Waterbird Census 2018 yang diikuti pengamat burung di Gorontalo menemukan peningkatan jumlah dan jenis dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

TRIBUNTRAVEL.COM - Pengamat burung di Gorontalo mencatat adanya peningkatan jenis dan populasi burung air di Danau Limboto diba ndingkan periode yang sama tahun lalu.

Jenis burung yang didata pada Sabtu (6/1/2018) ini antara lain gagang bayam timur (Himantopus leucocephalus), trinil semak (Tringa glareola), trinil kaki hijau (Tringa nebularia), trinil rawa (Tringa stagnatilis), kuntul kecil (Egretta garzetta), blekok sawah (Ardea speciosa).

“Gagang bayam timur tercatat ada 113 ekor, trinil semak 50 ekor, trinil kaki hijau 8 ekor, trinil rawa 8 ekor,” kata Danny Albert Rogi, pengamat burung dari Perkumpulan Biota Gorontalo, Sabtu (6/1/2018).

Data yang diperoleh ini bersifat sementara, terutama untuk jenis burung karena masih harus dicek lagi.

Pendataan ini merupakan bagian dari kegiatan Asian Waterbird Census (AWC) 2018 yang dilaksanakan oleh Wetlands International serta Christmast Bird Count oleh National Audubon Society.

Kegiatan ini mulai dilaksanakan 6-21 Januari.

Pengamatan burung air ini juga sebagai upaya meningkatkan Citizen Science yang bersifat sukarela.

Setiap peserta mengumpulkan rangkaian data dan informasi di wilayah masing-masing dan akan menjadi bagian penting dari seluruh data di Indonesia.

Yus Rusila Noor, Head of Programme Wetlands International Indonesia, Koordinator Nasional Asian Waterbird Census menyampaikan Asian Waterbird Census sudah dilaksanakan sejak 30 tahun yang lalu.

“Pada sensus 2016, sebanyak 78 lokasi di 17 propinsi telah berhasil disurvei oleh 160 pengamat yang berasal dari 40 organisasi serta individu di Indonesia. Tidak kurang 30.000 individu burung air dari 88 jenis atau sekitar 45 persen jenis burung air di Indonesia berhasil diamati, termasuk 25 jenis yang dilindungi,” kata Koordinator Pelaksana Asian Waterbird Census Indonesia, Ragil Satriyo Gumilang.

Berita ini sebelumnya telah dimuat di Kompas.com dengan judul Asian Waterbird Census: Populasi Burung Air di Danau Limboto Meningkat.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina Sumber: Kompas.com Pengacara: Benar Pak Ahok Menggugat Cerai Ibu Veronica Tan Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »