www.AlvinAdam.com

Berita 24 Gorontalo

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!

Posted by On Sabtu, Januari 20, 2018

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!ksmtour.com

Gorontalo adalah sebuah kota yang memiliki julukan 'Kota Serambi Madinah' atau sering juga disebut Kota Hulontalo yang merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo yang letaknya berada di Pulau Sulawesi. Selain dikenal dengan kekayaan alamnya, Gorontalo ternyata juga menjadi salah satu destinasi kuliner cukup populer lho!

Nah, kuliner apa aja sih yang bisa kamu coba di Gorontalo? Berikut ini adalah ulasannya, check it out!

1. Binte Biluhuta

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!Youtub e.com/LetsHaveFunCooking

Nama kuliner satu ini pasti masih belum familiar di telinga orang luar Gorontalo. Nama Binte yang berarti jagung, sedangkan biluhuta yaitu disiram.

Jika diartikan, maka makanan ini adalah jagung yang disiram. Binte Biluhuta terdiri dari jagung putih ketan, dicampur dengan parutan kelapa, udang dan suwiran ikan cakalang. Kemudian disiram dengan kuah berbumbu rempah-rempah khas Gorontolo.

Nah, menu masakan Binte Biluhuta ternyata memang sangat mudah ditemukan di Gorontatlo. Hampir sebagian besar resto di Gorontalo menawarkan menu ini lho!

2. Ayam Iloni

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!ksmtour.com

Konon, menu Ayam Iloni hanya ditemukan di Gorontalo lho! Bentuknya hampir sama dengan ayam bakar kebanyakan, tapi yang membuat beda adalah racikan bumbu yang digun akan sebagai penyedap rasa Ayam Iloni ini menggunakan rempah-rempah jahe, kemiri, kunyit, bawang merah dan putih, serta beberapa rempah khas Indonesia lainnya.

Uniknya, hidangan ini juga diberi santan yang membuat cita rasa Ayam Iloni semakin nikmat. Rasa gurih dan pedas Ayam Iloni menjadi ciri khas yang sangat melekat!

3. Es Brenebon

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!Instagram.com/joshuautomo

Terik matahari di siang hari memang sering mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan asupan dingin untuk mencegah dehidrasi.

Nah, Brenebon adalah sebutan oleh masyarakat Gorontalo untuk menu es kacang merah. Es Brenebon ini ternyata memiliki manfaat yang menyehatkan lho!

EDITORS' PICKS

  1. 15 Rasa Permen Tongkat yang Paling Unik, Sayang Gak Masuk Indonesia
  2. 6 Rahasia Hidup Sehat dan Kece ala Taylor Swift, Bisa Ditiru Nih!

Kacang merah mengandung vitamin B, fosfor, kalsium, protein dan zat besi sehingga mampu memperkuat tulang-tulang pada tubuh. Segar abis!

4. Sate Tuna

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!cookpad.com

Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tuna sebagai salah satu menu santapan makanan sehari-hari. Namun, di Gorontalo, menu tuna dihidangkan dengan cara yang berbeda.

Tak seperti restoran seafood biasanya, yang hanya menyajikan ikan tuna goreng ataupun dibakar dalam bentuk utuh. Di Gorontalo, ikan tuna dipotong dalam bentuk dadu serta ditusuk seperti sate.

Menariknya, di Gorontalo kamu juga dapat menemukan menu unik seperti sashimi tuna, tuna bumbu woku, dada tuna bakar, sup ikan tuna yang segar dan nikmat.

5. Bilenthango

Menggiurkan, Cicip 5 Kuliner Khas Gorontalo Paling Unik Ini Yuk!ksmtour.com

Bilenthango adalah kuliner khas Gorontalo yang terbuat dari olahan ikan mujair. Tak kalah nikmat dengan ikan tuna, olahan ikan mujair ini dapat dimasak dengan setengah digoreng serta dipanggang.

Cara memasaknya ini pun memang terbilang unik. Menariknya lagi, proses penggorengan makanan ini menggunakan daun pisang sebagai alas minyak dan ikan ketika proses penggorengan.

Yang paling bikin nagih dari Bilenthango ini adalah bumbu cabe merah, bawang merah, tomat dan kemiri yang sangat meresap. Hmm, bikin lapar deh!

Nah, kalau kamu sudah cobain kuliner nomor berapa guys?

Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »