www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Diwajibkan Gubernur, PNS Gorontalo WA dan Sosmed Berbahasa ...

Posted by On Jumat, Januari 05, 2018

Diwajibkan Gubernur, PNS Gorontalo WA dan Sosmed Berbahasa ...

Kamis 04 Januari 2018, 10:45 WIB Diwajibkan Gubernur, PNS Gorontalo WA dan Sosmed Berbahasa Daerah Ajis Halid - detikNews Diwajibkan Gubernur, PNS Gorontalo WA dan Sosmed Berbahasa DaerahFoto: Rachman Haryanto/detikcom Gorontalo - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mewajibkan PNS Gorontalo berbahasa daerah. Tidak hanya dalam bahasa lisan, tapi juga bahasa tulis via WhatsApp.
Berikut ini contoh percakapan WA di antara mereka:
Sekda Winarni:
Hulolo habari Pak inspektur. (apa kabar pak inspektur).
Ahmad Roadi:
Alhamdulillah.. habari piyopiyohu.. bodiaa doi.. polohengu. (Al hamdulillah kabar baik. cuma tidak punya uang, lagi musim kering
Ini adalah salah satu percakapan antara Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Gorontalo Winarni Monoarfa dan Inspektur Provinsi Ahmad Rosadi. Hal itu dilakukan setelah Gubernur Gorontalo Rusli Habibe menginstruksikan setiap PNS Pemprov Gorontalo wajib berbahasa daerah Gorontalo.
Tidak hanya dalam bertutur, bahasa Gorontalo juga harus digunakan dalam bentuk tulisan saat berkomunikasi melalui handphone.
"Saya perintahkan mulai tahun 2018, pada setiap Kamis. PNS provinsi wajib berbahasa Hulondhalo (Gorontalo)," ucap Gubernur Gorontalo, Kamis (4/1/2018).
Bahkan Gubernur menyatakan dirinya akan bersikap bisu bila ada pejabat atau pegawainya yang tidak berbahasa Hulondalo saat bertemu dengannya setiap Kamis.
"Anu mo Indonesia ti ngoli, ii moti bubu wa'u. Mo ti bubu (kalau kalian pake bahasa Indonesia, maka saya akan pura-pura bisu. Tidak merespons)," kata Rusli.
Kini para pejabat, PNS, hingga pegawai honorer, yang bukan dari Gorontalo, berusaha berbahasa Hulondhalo. Walau pengucapan dalam bahasa Hulandhalo masih terbata-bata.
Sementara itu, di beberapa akun Facebook, PNS juga tampak mulai mengunggah foto atau status dengan bahasa daerah. Ada yang sekadar menyampaikan selamat pagi atau menjelaskan soal aktivitasnya hari ini.
"Assalamualaikum mongowutato mongodulaa dulo ito mokaraja momongu lipundo hulondhalo. (Assalamualaikum saudara dan orangtua sekalian, ayo kita bekerja membangun kampung kita Gorontalo)," tulis Hasan Huradju, Kasubag Perencanaan di Inspektorat.
Kebijakan berbahasa Gorontalo atau Hulondhalo bertujuan mengajak setiap orang Gorontalo berbahasa daerah serta bangga akan bahasa sendiri. Bahasa Gorontalo cukup unik. Tidak seperti bahasa Jawa, misalnya, yang mudah dipelajari. Selain banyak dengan huruf 'O' dan 'U', bahasa Gorontalo berbeda antara satu kata yang berdiri sendiri dan kata yang sama disusun dalam satu kalimat.
(asp/asp)Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »