www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bupati Wardan Dukung Rencana Koalisi Pemerintah Kabupaten ...

Posted by On Rabu, November 22, 2017

Bupati Wardan Dukung Rencana Koalisi Pemerintah Kabupaten ...

Advertorial

Bupati Wardan Dukung Rencana Koalisi Pemerintah Kabupaten Pemerhati Kelapa

“Pemkab Inhil siap dalam segala hal, terutama untuk menyukseskan rencana koalisi kabupaten pemerhati kelapa," kata Bupati Inhil HM Wardan

Bupati Wardan Dukung Rencana Koalisi Pemerintah Kabupaten Pemerhati KelapaFoto/IstimewaAsisten II Pemkab Inhil Afrizal (paling kiri) bersama perwakilan kabupaten lain yang tergabung dalam koalisi kelapa saat menggelar pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu.

RENCANA pembentukan koalisi pemerintah kabupaten (pemkab) pemerhati kelapa secara nasional sangat penting bagi Inhil dalam mengangka t potensi kelapa Inhil di mata internasional.

Bupati Inhil HM Wardan menilai rencana pembentukan ini merupakan langkah awal, untuk selanjutnya dibahas lebih intens lagi.

“Pemkab Inhil siap dalam segala hal, terutama untuk menyukseskan rencana koalisi kabupaten pemerhati kelapa. Jelas kita sangat mendukung. Karena kita kan punya kepentingan pada sektor perkelapaan, mengingat luas kebun kelapa kita besar,” ujar Bupati melalui keterangan tertulis, Minggu (27/8/2017) lalu.

Sebelumnya, Asisten II Setdakab Inhil H Afrizal ikut menghadiri pertemuan membentuk koalisi kelapa 5 pemerintah kabupaten, yakni Gorontalo, Minahasa Selatan, Indragiri Hilir, Lebak dan Kepulauan Sula, dalam pertemuan bertema Membangun Kekuatan untuk Mengembalikan Kejayaan Kelapa Indonesia di Hotel Sari Pan Pasifik Jakarta, Kamis tanggal 24 Agustus 2017.

Pertemuan yang di inisiasi oleh sahabat kelapa indonesia ini juga dihadiri Ketua Harian Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI ), Perhimpunan Pengusaha Minyak Kelapa Indonesia serta Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo terpilih sebagai koordinator koalisi. Menurut Bupati yang juga guru besar di Universitas Gorontalo ini, inisiatif pembentukan koalisi ini akan menjadi satu diantara kekuatan baru untuk mendorong pembenahan perkelapaan Indonesia yang sempat terabaikan.

Selanjutnya, hasil pertemuan ini akan dibawa ke APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) yang akan mengadakan pertemuan lebih besar menghadirkan 95 kabupaten yang memiliki kebun kelapa lebih 10 ribu hektare.

Sementara itu. Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu yang dalam pertemuan tersebut didaulat menjadi Duta Kelapa Indonesia, mendukung inisiatif membentuk koalisi.

“Kelapa kita sudah sekian lama terbengkalai padahal telah berkontribusi banyak bagi sejarah perjalanan bangsa.Untuk itu perlu dilakukan gerakan peremajaan kelapa nasional,” ujar Bupati can tik ini.

Oleh karena itu, sebagai Duta Kelapa Indonesia yang akan didukung oleh koalisi dan berbagai pemangku kepentingan kelapa, dirinya akan berupaya untuk menggaungkan gerakan penyelamatan kelapa nasional.

“Koalisi ini akan sangat membantu upaya mensosialisasikan manfaat tanaman kelapa baik secara ekonomi, maupun manfaat kesehatan berbagai produk pangan kelapa seperti minyak kelapa maupun santan,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama pemerintah Kabupaten Sula melalui Kelapa Dinas Pertanian Idris Baguna setuju dengan kondisi kritis kelapa Indonesia.

Idris menambahkan, persoalan penuaan pohon kelapa yang rata-rata telah berumur 70 tahun di Kabupaten Sula serta banyaknya hama babi yang merusak program peremajaan kelapa menjadi persoalan di kabupaten bagian selatan Provinsi Maluku Utara ini. (adv)

Editor: harismanto Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Guru Perempuan Paksa Muridnya Berhubungan Badan! Ancamannya Bikin Mikir Dua Kali Sumber: Google News | Berita 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »